Business Accounting
An online business accounting resource that's FREE! Learn accounting principles, business investments, debits and credits, financial ratios, improving profits, breakeven point, and more. Accountingcoach.com will help you become financially literate. Online Accounting Course
The best online accounting course, and it's FREE! Learn accounting principles, debits and credits, financial ratios, breakeven point, improving profits, and more. Accountingcoach.com's online accounting course will help you become financially literate.
Google
Harstone Pottery is handmade in Ohio! It takes 8 days to make a piece. Start your collection today! Perfect for gifts!

eranon

TRY THIS ! ! !






Friday, December 21, 2007

BAHAYA KEGELISAHAN DAERAH

Bahaya kegelisahan di daerah pada saat ini adalah sesuatu bahaya yang harus diakui kenyataannya.

Pengakuan keadaan tak memuaskan di daerah, serta janji akan perluasan otonomi daerah sebagaimana diterangkan Mr Wilopo, dalam berita disamping ini memang membuktikan pandangan yang bijaksana akan tetapi kenyataan dewasa ini adalah saksi bahwa Pemerintah Sukiman yang berprogram penyerahan otonomi daerah seluas-luasnya samapai kini memang tak berhasil dalam penyelenggaraan program itu.

Tinggal program atas kertas saja, sedang kenyataan jurang antara pusat dan daerah semakin mendalam serta meluas. Dengan tak dikehendaki sendiri oleh saudara-saudara di daerah, pernyataan dianak tirikan padanya semakin meluap, dan bahaya propinsialisme semakin hari semakin tajam malahan kini bukan rahasia lagi bahwa di daerah-daerah suatu suku merasa dirinya dijajah oleh suku lainnya.

Jauh dari maksud kita untuk membesar-besarkan duduk perkara dan kita harap saudara-saudara di daerah janganlah membesar-besarkannya akan tetapi kenyataan bahaya ini haruslah ditunjuk dengan tegas disini agar merupakan dorongan bagi pemerintah pusat untuk lebih cepat dapat bertindak menyelenggarakan perluasan otonomi daerah itu.

Pada derah harus diserahkan anggaran belanjanya masing-masing yang nyata serta kemerdekaan inisiatif untuk menggunakannya sehingga timbul pada mereka rasa yang tegak untuk membangun daerahnya yang seluk-beluknya lebih baik mereka ketahui daripada orang-orang pemerintah pusat. Sudah terang bahwa penyelenggaraan perluasan otonomi daerah ini haruslah diserrtai penetapan dalam undang-undang sesuai dengan tuntutan Undang-undang Dasar.

Oleh karena itu janganlah kita di pusat pura-pura tinggal menutup mata akan semakin gegeranya kenyataan bahaya tersebut melainkan bertindaklah menyelenggarakan perluasan otonomi daerah itu selekas-lekasnya sebelum “nasi nanti jadi bubur”.

No comments: