Business Accounting
An online business accounting resource that's FREE! Learn accounting principles, business investments, debits and credits, financial ratios, improving profits, breakeven point, and more. Accountingcoach.com will help you become financially literate. Online Accounting Course
The best online accounting course, and it's FREE! Learn accounting principles, debits and credits, financial ratios, breakeven point, improving profits, and more. Accountingcoach.com's online accounting course will help you become financially literate.
Google
Harstone Pottery is handmade in Ohio! It takes 8 days to make a piece. Start your collection today! Perfect for gifts!

eranon

TRY THIS ! ! !






Friday, December 21, 2007

LEPASKAN POLITIK BEBAS ASAL TERIMA IRIAN

Kita mengetahui bahwa dua pasal terpenting dari program Kabinet Sukiman ialah politik bebas aktif dan pengembalian Irian pada Indonesia dari pada itu kita juga mengetahui semakin ributnya suara-suara yang menuduh Subardjo kemudian-oleh siaran surat kabar “Sin Po” juga Sukiman telah menerima MSA dengan amandemen asal Indonesia jangan terikat dalam ekspor bahan mentahnya. Dan hari ini koresponden kita sinyalir kabar bahwa sebetulnya Amerika telah bersedia menyokong pengembalian Irian kepada Indonesia asal Indonesia dari pihaknya mau menerima syarat Amerika.

Dalam hubungan ini kalu kita ikut keterangan Yamin yang berbunyi bahwa pendirian Indonesia dan Belanda mengenai Irian itu jelas adalah bertentangan padahal sekalipun begitu Yamin masih menyambung keterangannya bahwa kedua pihak yang bertentangan itu toh masih berusaha mencari “Way Out” (jalan keluar) maka sesuai dengan pertanyaan korespondensi kita dalam beritanya disamping ini kami juga ingin bertanya apakah dari kesemuanya keterangan diatas ini bukan kah dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa dengan syarat Amerika itu atas pengembalian Irian pada Indonesia yang dimasudkan ialah penerimaan Indonesia akan Mutual Security Agency (perjanjian pertahanan bersama) dari Amerika bukankah penerimaan MSA ini merupakan suatu move (gerakan dalam siasat) oleh Subardjo-Sukiman untuk mencapai pengembalian Irian kepada Indonesia sebagai salah satu pasal penting dari program kabinetnya.

Dan jika perhitungan analisa diatas ini betul kiranya tak dapat lagi disangkal bahwa penerimaan MSA sekalipun dengan amandemen tersebut tetap berarti menerima perjanjian pertahanan bersama dua artinya meleppaskan politik bebas dan masuk pihak Amerika sehingga tidak boleh tidak timbul lagi pertanyaan lainya, ialah apakah lebih berguna bagi nusa dan bangsa melepaskan suatu pasal program kabinet yakni politik bebas asal saja dapat tercapai pasal program lainnya yaitu kembalinya Irian pada Indonesia.

Dalam hal ini kiranya cukup terang bahwa yang beruntung ialah Amerika karena jika Indonesia jadi menerima MSA maka tercapailah garis pertahanan depan dari Amerika di Timur,-garis mana dapat ditarik dari Jepang, Philipina terus ke Indonesia- yang bisa sekedarnya self supporting (menolong dirinya dalam pertahanannya) artinya dapatlah Amerika memperluas Industri perang Jepang dengan menggunakan bahan mentah dari Indonesia sehingga tak usah lagi nanti semua bantuan dikerahkan dari Amerika sendiri.

Malahan bukan ini saja keuntungan Amerika tapi penerimaan MSA itu oleh Indonesia juga merupakan keuntungan nanti dalam “mensen materiaal” sedang Irian sekalipun diserahkan pada Indonesia tetapi tetap masih dapat digunakan sebagai sinyal –dan tarugval- basisnya di Pasifik.

Oleh sebab itu memikirkan sumuanya hal diatas ini bukan kembali lagi kami bertanya: Bukankah kita rugi besar jika politik bebas kita korbankan asal terima Irian saja.

No comments: