Business Accounting
An online business accounting resource that's FREE! Learn accounting principles, business investments, debits and credits, financial ratios, improving profits, breakeven point, and more. Accountingcoach.com will help you become financially literate. Online Accounting Course
The best online accounting course, and it's FREE! Learn accounting principles, debits and credits, financial ratios, breakeven point, improving profits, and more. Accountingcoach.com's online accounting course will help you become financially literate.
Google
Harstone Pottery is handmade in Ohio! It takes 8 days to make a piece. Start your collection today! Perfect for gifts!

eranon

TRY THIS ! ! !






Wednesday, January 23, 2008

Pembinaan Perilaku Membuang Sampah Untuk Meminimalisir Budaya ‘Terabas’

Permasalahan yang paling sering ditemui di masyarakat perkotaan adalah permasalahan sampah. Permasalahan yang dihadapi seperti pengelolaan sampah yang tidak ada ujung penyelesaiannya, tersumbatnya air akibat tumpukan sampah, berbagai penyakit yang dibawanya, dsb. Penyebab timbulnya permasalahan sampah salah satunya ialah perilaku atau cara masyarakat dalam membuang sampah. Saat ini masyarakat menganggap bahwa kebiasaan membuang sampah sembarangan sebagai perilaku yang wajar. Perilaku ini menunjuk pada budaya ‘terabas’. Perilaku tersebut menyangkut kebiasaan seseorang yang timbul sejak dini sehingga perlu adanya pembinaan secara intensif dan efisien yang difokuskan di sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Situs penelitian ini adalah SDN Purwantoro V dan MI Jendral Sudirman. Fokus penelitian pada bentuk pembinaan membuang sampah yang diterapkan di sekolah dasar, perilaku siswa sekolah dasar yang mendapatkan pembinaan tersebut dalam membuang sampah dan konsep pembinaan perilaku membuang sampah yang tepat bagi siswa-siswa sekolah dasar sehingga bisa meminimalisir budaya terabas. Informan dalam penelitian ini adalah guru SDN Purwantoro V dan MI Jendral Sudirman serta siswa sekolah dasar tersebut
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembinaan membuang sampah dilakukan melalui pembinaan orientasi, pembinaan pengembangan kepribadian, dan pembinaan lapangan. Sedangkan perilaku siswa setelah mendapatkan pembinaan tersebut berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya yang langsung dipraktekkan baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Konsep-konsep yang telah dikaji dari hasil wawancara berupa penggunaan buku poin, pemanfaatan sampah secara efektif dan efisien, serta penerapan school culture.
Penerapan konsep pembinaan yang dilakukan secara intensif dan kontinyu dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat diharapkan akan dapat meminimalisir budaya ‘terabas’.

No comments: